Search

25 Jun 2012

Shortcut di Gmail


Suka yang instan dan cepat? Pastinya, dong. Hampir setiap orang suka cara yang instan dan cepat karena efisiensi waktu - katanya. Tapi, itu semua memang tidak bisa dipungkiri dan ada benarnya. Kalau ada jalan keluar lebih mudah dan cepat, tentunya – kenapa tidak? Ini dia beberapa cara cepat dan instan (sebut saja shortcut), yang dapat kamu gunakan di Gmail:

1. Jika anda akan membuat pesan baru
di Gmail, biasanya anda cukup menekan tombol Compose mail atau buat baru, tapi ternyata ada cara yang (sebetulnya sama sih, cukup satu langkah) : anda hanya menekan Shift+C di keyboard untuk membuat pesan di jendela (window) yang baru. Bedanya dengan menekan tombol compose mail adalah, kalau di compose mail dilakukan di jendela yang sama, kalau Shift+C akan muncul jendela baru. Jadi keunggulannya, kita bisa membuat pesan sambil membaca email-email yang masuk di jendela yang lain.
2. Menggulirkan (meng-scroll) email. Anda bisa melakukan scrolling pesan di kotak masuk dengan menekan tombol K dan J. Hal ini dilakukan ketika anda ingin mengakses email baru dan lama satu per satu.
3. Anda bisa menekan tombol X untuk memilih salah satu pesan.
4. Jika membuka sebuah email dan akan membalas/reply, cukup tekan R (reply). Jika ingin mem-forward, cukup tekan F.
5. Jika akan menyimpan pesan di draft:, tekan saja Ctrl+S, otomatis pesan akan tersimpan di draft.
6. Cara yang singkat untuk menghapus sebuah adalah cukup menekan tanda pagar (#), maka pesan akan langsung terhapus.
7. Menandai pesan: pertama anda perlu memilih pesan yang ingin anda tandai, kemudian tekan Shift+I untuk menandai yang telah dibaca dan Shift+U sebagai pesan yang belum dibaca
Nah, itu dia beberapa shortcut yang bisa digunakan pada Gmail. Semoga bermanfaat setelah kamu membaca dan mempelajarinya. Success!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar